SELAMAT DATANG DI NANANG SINTANG BLOGSPOT SEMOGA DAPAT MEMBANTU KALIAN SEMUA
Home » » Tips Sederhana Untuk Memperbaiki Listrik Padam

Tips Sederhana Untuk Memperbaiki Listrik Padam

Awal cerita ada salah satu tetangga yang malam-malam menghubungi saya lewat sms, katanya listrik dirumahnya mati padahal rumah sebelahnya nyala. kemudian aku suruh dia keluar untuk melihat Meteran listrik atau KWH macet yang berada didepan karena meteran prabayar ada lampu indikator sudah nampak jelas kalau meteran prabayar masih menyala. kemudian dia melihat bagian MCB ternyata MCB masih nyala atau keadaan ON. akhirnya si dia tetanggaku tadi sms saya begini smsnya

SMS Tetangga : Assalamu'alaikum wr wb. mas belum tidur?
saya balas : belum ada apa kog sepertinya penting banget, tumben sms saya.
SMS Tetangga : ini mas listrik dirumahku padam padahal Meteran nyala.
Saya Balas : Oh,,, sampean sudah periksa KWH Meter masih nyala gak?
SMS Tetangga : bentar aku lihat dulu,
seperti awal cerita diatas aku suruh periksa semuanya. dari KWH meter sampai ke MCB semua aku bilang pastikan bahwa semuanya beres, ting tong.... SMS bunyi lagi aku baca
SMS Tetangga : semua beres mas,,, gak ada yang berubah seperti sedia kala.
Saya balas : tolong periksa bagian box sekreng mungkin sekrengnya putus (patrun) ?
SMS Tetangga : semua masih normal mas gak ada yang putus, tolong mas kemari dulu ya,,,
Saya balas : besok saja mas, males mau keluar rumah lagian saya sudah ngantuk.
SMS Tetangga : tolonglah mas datang kemari sebentar tolong nanti anak saya yang kecil nangis
dengan rasa iba aku balas smsnya : ya sudah saya kesana tapi buatin kopi,, hehehe
SMS Tetangga : ok,,, pasti saya buatkan.

dengan rasa ngantuk aku bergegas menuju kerumah dia dengan bermodalkan tang pemotong dan testpen tentunya, karena kedua alat ini selalu bersamaku ketika bermain dengan stroom. setelah sampai kesana saya lihat KWH meter masih nyala, kemudian aku cek bagian MCB masih ON seperti awal cerita diatas, kemuadian aku beranjak kebagian PHB atau box sekreng aku lepas yang namanya sekreng (patrun) atau bisa dinamakan sekreng lebur, aku buka dengan tang potong agak kasar sedikit ya karena kita tahu plat yang di sekreng sangat erat sekali.

Setelah aku lepas dan lihat ternyata kabel serabut didalamnya putus, pikir ku inilah penyebab padamnya listrik,  dalam benakku tadi tetanggaku aku suruh periksa pada bagian ini kenapa tak melihat kalau kabelnya terpustus apa dia tak melihat. tapi masa bodoh karena juga malam pasti saja penglihatan kurang tajam.

Nah setelah selang beberapa menit aku ganti kabel serabut yang tadi putus kemudian aku kembalikan lagi ke box sekreng dimana tadi terpasang, alhamdulillah listrinya kembali nyala. sekarang tinggal nunggu kopinya plus rokok hehehe. dari cerita diatas mari kita ambil kesimpulan.
1. Buat anda pemakai listrik ketika anda mengalami kasus seperti diatas janganlah anda panik dengan peristiwa tiba-tiba listrik mati, silahkan praktekkan cara-cara yang gambarkan seprti cerita diatas.

2. Tips dan cerita sengaja aku buat buat nada yang jauh dari teknik listrik karena dengan keadaan malam tentu untuk menghubungi seorang teknik anda akan sungkan karena malam setidaknya tips diatas bisa bermanfaat buat anda.

3. Buat yang pobia dengan stroom cara diatas termasuk aman sekali kita tak langsung kontak dengan yang namanya litrik atau stroom.jadi anda tak perlu was-was.

nah mungkin Tips Sederhana Untuk Memperbaiki Listrik Padam ini bermanfaat buat anda, janganlah anda menunggu teknik kalau bisa kenapa tidak, semoga bisa membantu anda. selamat mencoba semoga berhasil, untuk tips-tips yang lainnya akan saya bahas dipost berikunya.

0 komentar:

Posting Komentar